Home Ads

Cara Menambahkan Breadcrumb Resep Masakan Untuk Keperluan SEO


Mendapatkan hasil yang bagus di penelusuran google, adalah dambaan semua blogger, tidak jarang para blogger ingin sekali artikelnya berlabel, misal di bawah judul terdapat markup skema AggregateRating, dataset, event dan yang lainya, atau deskripsi lengkap masalah artikelnya.

{tocify} $title={Daftar Isi Artikel}

Nah pada postingan kali ini saya akan berbagi bagaimana caranya membuat atau menambahkan kode markup skema JSON-LD dalam bentuk resep masakan, atau khusus untuk blog niche resep masakan. Lalu bagaimana cara membuatnya, silahkan ikuti petunjuknya di bawah ini dengan seksama.

Langkah-langkah Untuk Memulai Memasang Markup Skema Resep

  • 1. Buka: Dashboard blogger .
  • 2. Klik menu list, pilih tema.
  • 3. Selanjutnya edit template atau HTML.
  • 3. Kopi dan paste kode script schema org di bawah ini.
  • 4. Pastekan tepat di atas tag </head>, kedalam template kalian, kemudian simpan.
Selesai.

Kode Script Markup Skema Resep Masakan

Kopi dan paste semua kode script di bawah ini.

<script type="application/ld+json"> { "@context": "https://schema.org/", "@type": "Recipe", "name": "Oseng Kembang Kates Teri Enak Tidak Pahit", "image": "https://img-global.cpcdn.com/recipes/e0ad078270613d31/751x532cq70/oseng-kembang-kates-teri-enak-tidak-pahit-foto-resep-utama.jpg", "description": "Tumis bawang dan cabe sampai harum masukan teri medan goreng sebentar,masukan. Supaya rasa kembang turi tidak pahit, cara yang dapat anda lakukan adalah mebuang putik bunga di dalam yang berwarna putih. Cara ini untuk menghilangkan rasa pahit pada kembang turi.", "keywords": "", "author": { "@type": "Person", "name": "Alvin Vargas" }, "aggregateRating": { "@type": "AggregateRating", "ratingValue": "3.1", "reviewCount": "14" }, "nutrition": { "@type": "NutritionInformation", "calories": "235 calories", "fatContent": "10 grams fat" }, "prepTime": "PT21M", "cookTime": "PT2H", "recipeIngredient": [ "500 gram kembang kates", "1 genggam teri", "10 buah cabe merah", "5 buah cabe rawit", "4 siung bawang merah", "1 siung bawang putih", "secukupnya Garam", "secukupnya Kaldu bubuk", "1/4 sdt Gula", "Pucuk daun senggani/kharendong untuk merebus" ], "recipeInstructions": [ { "@type": "HowToStep", "text": "Panaskan 2 liter air di dalam panci. Lalu masukkan daun senggani yang sudah dicuci bersih. Tambahkan sedikit garam (juga berfungsi mengurangi rasa pahit). Biarkan hingga air mendidih." }, { "@type": "HowToStep", "text": "Cuci bersih teri dan kembang kates yg sudah dipisahkan dari tangkainya." }, { "@type": "HowToStep", "text": "Haluskan cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih." }, { "@type": "HowToStep", "text": "Setelah air mendidih masukkan kembang kates, biarkan sampai empuk. Angkat." }, { "@type": "HowToStep", "text": "Pisahkan kembang kates dan daun senggani. Lalu cuci bersih kembang kates." }, { "@type": "HowToStep", "text": "Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan teri. Lalu tambahkan garam, kaldu bubuk dan gula. Tambahkan 2 sendok air. Terakhir masukkan kembang kates, aduk hingga bumbu merata dan meresap." }, { "@type": "HowToStep", "text": "Angkat dan oseng kembang kates teri enak tidak pahit siap disajikan." } ] } </script>{codeBox}

Cara Pemasangan Yang Baik dan Benar

Perhatikan semua isi judul, deskripsi dan url artikel yang di maksut untuk di sorot, ganti semua dengan deskripsi dan url milik kalian.

Yang terakhir cek di Google Search Console dengan cara inspeksi url web kalian, apa bila mendapati kode eror atau data terstruktur tidak dapat di urai, perhatikan, dan ulangi langkah ini dari awal, namun apa bila tidak terjadi eror, maka inspeksi url situs web milik kalian kembali, kemudian klik minta pengindekan, selanjutnya tunggu hasilnya beberapa hari kedepan.

Mudah bukan, silahkan di praktekan, apa bila sulit mendapatkan kode ini, kalian bisa menghubungi saya lewat tombol bantuan kontak email, nanti insaallah kalau senggang akan saya kirim kodenya lewat email.

10 Komentar

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

  1. Balasan
    1. Ya aman gan, misal terjadi eror data tersetruktur tidak bisa diurai, bisa sharing di sini.

      Hapus
  2. Mudah-mudahan bermanfaat, kunjungi terus blog ini, kita sama sama sharing, mungkin saya akan banyak berbagi breadcrumb untuk keperluan seo, misal aggregatRating, sitelink dll.

    BalasHapus
  3. Mohon maaf ya, judulnya salah. Seharusnya Markup Skema Resep, dan bukan breadcrumb, cuman mau saya hapus artikelnya udah kadung one page google.

    BalasHapus
  4. Berarti juga bisa buat yang lain ya om, tinggal edit deskripsi dan judul aja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul gan, semua markup skema semuanya sama, mau model apa aja, jadi yang di ubah hanya, url, deskripsi, pokoknya url artikel di blog kamu yang mau di sorot gan.

      Hapus
  5. mas apakah ini compatible dengan semua template ya , mohon pencerahan nya soal nya masih awam perihal percodingan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, semua template, semua platfrom web apapun, markup skemanya ya sama, tinggal di sorot aja artikel yang mana yang mau di ambil.

      Hapus
  6. Alhamdulillah menemukan blog ini banyak ilmunnya

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama
Post Ads 1
Post Ads 2